Selasa, 15 Maret 2022

Materi Informatika Kelas 9

Nama:Putri Wahyuningtyas Kelas:9D Absen:25 MATERI INFORMATIKA SEMESTER GENAP BAB 1 DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA Teknologi informasi dan komunikasi menjadi salah satu bentuk teknologi yang berkembang amat pesat sekarang ini. Dengan internet sebagai fitur andalannya, arus informasi menjadi sangat cepat, bahkan cenderung tidak terkontrol dan siapa pun akan dapat memperoleh informasi dengan mudah. Sebagai contoh media sosial. Maka tidak mengherankan apabila teknologi komunikasi dan informasi menjadi salah satu jenis teknologi yang menduduki peringkat teratas, baik dari sisi positif, negatif, maupun penggunaannya. Teknologi membuat interaksi antarsesama pengguna dapat dilakukan dengan mudah dan membuat tingkat keterhubungan satu sama dengan yang lain semakin tinggi. Selain itu, teknologi juga berhasil mengubah cara hidup manusia. Penggunaan teknologi informasi untuk mendukung kehidupan manusia dalam berbagai aspek memberikan dampat positif. Berikut adalah dampak positif informatika dalam bidang sosial. 1. Meningkatkan Interaksi Sosial Antarapengguna Dibandingkan dengan 25 tahun ke belakang, media komunikasi sungguh jauh berbeda. Komunikasi yang paling canggih saat itu hanyalah, telepon rumah, surat menyurat. Sungguh sangat terbatas interaksi komunikasi pada saat itu. Namun sekarang, kita dapat menggunakan berbagai aplikasi teknologi yang ada untuk berinteraksi dengan teman, guru, dan anggota keluarga. Media sosial melalui internet membuat pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lain dan tetap terhubung satu dengan yang lain. Kita dapat melihat bagaimana kehidupan dari orang-orang terdekat yang berada di belahan dunia lain melalui posting-an yang dibagikan di media sosial dan dapat berinteraksi dengan mereka melalui kolom komentar, like atau pesan pribadi. Media sosial pun memberikan kesempatan kepada pengguna untuk menemukan teman-teman lama seperti teman sekolah/kuliah di masa lalu. Media sosial juga memberikan kesempatan kepada pengguna untuk berkenalan dengan orang baru. Media sosial juga telah berperan menjadi tempat berbagi pengalaman, informasi ataupun ilmu pada bidang tertentu melalui media sosial. Selain media sosial, aplikasi lain banyak berperan sebagai media interaksi pengguna teknologi adalah pengiriman pesan, seperti WhatsApp, Telegram, dll. 2. Perubahan Cara Hidup Tidak dapat dipungkiri bahwa dukungan teknologi membuat perubahan dalam cara manusia hidup, diantaranya. Bekerja di Rumah Dengan teknologi informasi memungkinkan banyak organisasi/perusahaan memberikan keleluasaan kepada pegawainya untuk bekerja di rumah. Team viewer salah satu aplikasi online yang memungkinkan pegawai bekerja dari jarak jauh. Belanja online Teknologi informasi juga menyebabkan banyak toko-toko online yang tersedia di internet. Kiana computer yang beralamat di https://www.tokopedia.com/kianacomputer salah satu contohnya. Hal ini kemudian mengubah cara pengguna mencari dan membeli kebutuhan hidup mereka. Pembeli lebih suka belanja online dibandingkan dengan pergi ke toko konvensional. Kemudahan Memulai Usaha Seorang penjual dapat dengan mudah memperkenalkan barang-barang yang dia jual melalui internet. Komunikasi dapat dilakukan melalui media sosial atau aplikasi pengiriman teks seperti WhatsApp dan transaksi pembayaran dapat dilakukan dengan menggunakan mobile banking atau online banking. Perubahan Jenis Pekerjaan Kehadiran teknologi menyebabkan terbukanya peluang-peluang baru untuk profesi-profesi yang baru, diantaranya Blogger adalah orang-orang yang menempatkan berbagi jenis informasi di internet dalam bentuk tulisan untuk di akses oleh orang lain, ke dalam sebuah blog atau halaman web. Contohnya http://blognyaheru.net Youtuber adalah sebutan bagi mereka yang bekerja membuat koknten video dan menempatkannya di situ youtube. Contohnya chanel youtube heru ruhanda Animator adalah orang yang bekerja membuat animasi atau gambar bergerak ang dibuat menggunakan aplikasi tertentu Selebriti media sosial adalah pengguna media sosial yang mempunyai jumlah pengikut (follower) atau pelanggan (subscriber) yang banyak Berbagai Layanan yang Lain Layanan internet banking mengubah cara nasabah melakukan transaksi perbankan yang membuat nasabah dapat melakukan transaksi dari mana saja dan kapan saja. Layanan ojek dan taksi online telah mengubah cara manusia dalam memilih transportasi. Layanan pesan antar makanan telah mengubah cara manusia dalam memesan makanan dari restoran favorit. 3. Perubahan Cara Kerja Salah satu contoh dampak teknologi informatika yang mengubah bagaimana cara kerja manusia adalah proses pembedahan jarak jauh. Teknologi Internet of Thing (IoT) dapat menghubungkan berbagai mesin dengan sebuah komputer dan teknologi 5G membuat proses pengiriman data dan perintah melalui internet menjadi lebih cepat dan tanpa delay Selain mempunyai dampak posfitif, informatika (informasi) juga memiliki dampak negatif, diantaranya 1. Penyebaran hoaks Hoaks didefinisikan sebagai rencana menipu orang lain dengan cara memberikan berita yang tidak benar. Hoaks seringkali diproduksi dan disebar dengan berbagai alasan, baik alasana politik, ekonomi, popularitas, maupun hanya sekedar iseng belaka. 2. Ujaran Kebencian Ujaran kebencian banyak dilakukan di media sosial. Ujaran kebencian tersebut dapat ditujukan kepada individu tertentu, organisasi, lembaga, pejabat negara, maupun suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) tertentu. 3. Berbagai Konten Negatif Lainnya Banyak bentuk konten negatif lain yang sering disebarkan melalui media sosial atau aplikasi internet lainnya seperti pornografi anak, perjudian, penghinaan atau fitnah/pencemaran nama baik, pengancaman/pemerasan dan konten berbau terorisme/radikalisme 4. Berbagai Dampak Negatif Lain Penipuan Ada banyak modus penipuan menggunakan teknologi informasi, diantaranya mengirimankan pesan dengan iming-iming hadiah, pura-pura ingin mengirimkan uang ke rekening korban, meminta seolah-olah yang meminta adalah pemilik akun, pura-pura menjual barang yang sebenarnnya tidak ada, dll. Cyber Bullying Kalau bahasa sederhannya di bully. Meskipun tidka berhubungan langsung secara fisik, cyber bullying sering kali dapat memberikan dampak yang merusak kepada korban yang masih di bawah umur dan remaja. Korban sering menderita kegugupan, malu, stres, depresi, bahkan keinginan bunuh diri. Menurunnya Kualitas Interaksi Sosial Phubbing adalah menarik diri dari interaksi dengan sesama dan mengalihkan perhatian ke gadget. Perilaku ini menyebabkan interaksi sosial antara dua orang atau dalam kelompok menjadi kurang berkualitas. Kebersamaan yang seharusnya digunakan bercakap-cakap, bertukar pikiran, bercanda, dan berkeluh kesah berubah menjadi interaksi tidak berarti karena masing-masing pihak melakukan phubbing. Kecanduan Kecanduan teknologi dapat terjadi karena terlalu lama menghabiskan waktu di depan komputer atau gadget lain. Pengguna menghabiskan waktu online untuk menjelajahi internet, bermain game, ataupun menggunakan media sosial Menurunya Kesehatan Penggunaan teknologi terlalu lama dapat menyebabkan pola makan, tidur, dan istirahat tidak teratur. Kurangnya interaksi dengan orang lain karena waktu yang dihabiskan dengan gadget sehingga dapat menyebabkan gangguan mental dan menurunnya kemampuan intraksi sosial, dll. BAB 2 BERFIKIR KOMPUTASIONA(TEMATIS) Topik kali adalah tentang berpikir komputasional. Computational thinking atau berpikir komputational merupakan konsep berpikir yang dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang ada di sekitar, memahaminya, kemudian mengembangka suatu metode pendekatan untuk menemukan solusi yang inovatif dengan bantuan perangkat teknologi komputer. Agar dapat menangani permasalahan kompleks dan memberikan solusi yang inovatif, berpikir komputasional mempunyai empat pilar teknik kunci pendekatan, yaitu Pertama, Dekomposisi. Adalah metode menyelesaikan masalah yang dilakukan dengan cara memecah masalah kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga lebih mudah diselesaikan.Contoh: Dalam pembuatan produk makanan ringan yang terbuat dari kentang. Metode dekomposisinya : 1. Produk makanan ringan seperti apa yang akan dibuat ? 2. Apa rasa yang akan diberikan ? 3. Apa saja bumbu dan bahan yang perlu disediakan ? 4. Apa packaging yang digunakan ? 5. Bagaimana cara produksinya ? 6. Siapa saja yang menjadi target pasarnya ? 7. Apa strategi pemasaran yang dilakukan ? Kedua, Pengenalan pola. Adalah teknik pemecahan masalah dengan memperhatikan pola permasalahan tersebut. Biasanya pola dapat dibangun dengan berbagai cara seperti bentuk, prilaku, bahan, suara, gerakan, kecepatan gerak, pertambahan, arah gerak, warna, dan lain sebagainya. Contoh : Perhatikan barisan angka berikut : 2 6 10 14 18 ? Penyelesaian : dengan memperhatikan barisan angka di atas kita dapat menyimpulkan bahwa pola untuk menjawab angka berikutnya adalah dengan menggunakan pola penambahan bilangan 4 (+4). Maka jawaban untuk bilangan terakhir pada soal di atas adalah 22 Ketiga, Abstraksi. Adalah kemampuan memilah data yang sesuai dan relevan dari data yang tidak sesuai dan perlu diabaikan yang akhirnya dapat menemukan pola yang berujung pada solusi. Contoh : Gambar di atas adalah atribut seseorang siswa smp yang akan digunakan untuk pendaftaran ke SMA. Penyelesaian : Dengan menggunakan teknik abstraksi kita bisa membuang atribut yang tidak diperlukan pada gambar di samping yaitu, hobi dan makanan favorit. Keempat, Berpikir algoritma. Berpikir algoritma adalah cara berpikir dengan merencanakan atau langkah-langkah instruksi yang dijalankan untuk memecahkan masalah. Untuk menuliskan algoritma sudah di bahas pada topik sebelumnya yaitu dengan teknik Pseudocode dan flowchart. BAB 3 PRAKTIK LINTAS BIDANG(TEMATIS) sahabat ecompedia sekalian pada artikel kali ini kita akan membahas apa itu "Praktik Lintas Bidang", makin berkembangya teknologi makin berdampak pada perkembangan budaya yang maju pesat. perkembangan teknologi yang pesat meliputi berbagai bidang kehidupan manusia. 1. Budaya Kerja Tim yang Inklusif dalam Masyarakat Digital guna membangun budaya kerja di era digital harus memastikan bahwa mereka memakai teknologi digital hanya untuk kepentingan si pemakai saja ataupun hanya untuk gaya-gayaan saja. a. Softskill dan handskill Era Revolusi Industri 4.0 telah mengubah budaya kerja pegawai dalam perusahaan. pegawai bekerja tidak lagi menggunakan paper based, tetapi sudah beralih ke digital based. dengan menggunakan digital based kita bisa memangkas waktu pekerjaan lebih efisien lagi dari pada menggunakan Paper Based. b. Masyarakat Digital dalam Teknologi diera teknologi tinggi seperti sekarang ini, informasi misa di dapatkan dengan mudah. terlebih lagi dengan adanya berbagai jenis social media. kedatangan Smartphone telah mengubah secara radikal setiap aspek kegidupan remaja, dari sifat interaksi sosial sekaligus dengan kesehatan mentalnya. peruahan ini telah memengaruhi kaum muda disetiap sudut negara dan disetiap jenis keluarga. 2. Berkolaborasi untuk melaksanakan Tugas dengan Tema komputing. desifinisi paling sederhana yaitu awan adalah internet. definisi lain yang lebih spesifik yaitu semua aktifitas yang dapat dilakukan user(pemakai) dengan perangkat yang terhubung ke internet. beberapa alasan umum menggunakan awan (cloud) adalah sebagai berikut a. Berbagi (sharing) berkas teknologi awan memudahkan user untuk berbagi berkas dengan pengguna internet lain kapanpun. b. kapasitas Penyimpanan user dapat menyimpan apapun di awan, termasuk berkas dan email. Penyedia layanan penyimpanan awan yang populer adalah Dropbox (https://www.dropbox.com/) dan Google Drive (hyyp://www.google.com/drive) c. Pencadangan (back-up) data user dapat menggunakan awan untuk mencadangkan berkas-berkas user. aplikasi seperti Mozy (http://mozy.com/) dan Carbonite (http://www.carbonite.com/) secara otomatis mencadangkan data-data user ke awan. beberapa aplikasi web yang popiler antara lain sebagai berikut. 1). Facebook (http://www.facebook.com/) facebook dapat di gunakan untuk membuat profil online dan berinteraksi dengan sesama penggiat facebook lainnya 2). Google Docs (http://www.docs.google.com/) google docs adalah sebuah aplikasi pengolah dokumen yang berjalan di web browser dan memiliki fitur seperti Microsoft Office (word, excel, powerpoin, dll) 3. Pixlr (http://www.Pixlr.com/) pixlr adalah aplikasi web untuk editing gambar yang berjalan di web browser dan memiliki fitur yang sama seperti Adobe Photoshop. 3. Pemecahan persoalan di dukung dengan komputer persoalan yang berkaitan dengan informatika dapat di jumpai dalam konsep Function dalam pemrograman. sebuah panggilan function melalui perintah tertentu dapat menjadi awal dari bebarapa aktifitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar